Bulan Baik Dalam Melangsungkan Pernikahan


BULAN - BULAN DALAM PERNIKAHAN

     Melangsungkan pernikahan seperti pada bulan dibawah ini ;

1.Bulan Suro 
- keluarga kedua mempelai ada yang meninggal, sering kecuria, kalau tidak suami istri berumur pendek, kehidupan mereka senantiasa dalam kesukaran oleh bermacam - macam halangan.Barang - barang yang dimiliki jarang bisa awet

2.Bulan Safar
- keluarga kedua mempelai banyak hutang, pengantin baru akan menderita dala berumagh tangga, sekalipun telah berusaha semaksimal mungkin, tetapi hasilnya nihil.

3.Bulan Rabi'ul Awal
- berakibat tidak baik, salah satunya ada yang meninggal atau diganggu penyakit, sekalipun telah berusaha maksimal dan menegeluarkan banyak biaya, bahkan tiba - tiba salah satunya kena pengaruh jahat sehingga rumah tangga jadi kalut.

4.Rabi'ul Akhir
- banyak orang yang memfitnah dan bnyak rintangan, dan walaupun telah berpindah - pindah tempat tetap saja banyak yang memfitnah, sering diancam mara bahaya.

5.Jumadil Awal
- sering didatangi pencuri dan banyak musuh karena panas hati pada mereka berdua, banyak orang yang sengaja menghalangi mereka, siang malam pikiran tidak tenang, sering bangun terkejut karena diganggu pencuri atau penjahat, segala yang dimiliki tidak dapat bertahan lama.

6.Jumadil Akhir
- mempelai berdua selalu memperoleh kebaikan adan kebahagiaan, sekalipun pada suatu waktu menderita susah atau menyesal, tetapi cepat dapat diatasi, karena meraka mudah beruntung, jalan berbakti kepada tuhan akan ditrmukan.Tetapi bulan ini juga mempunyai hari - hari naasnya yaitu ; 13, 16, 17, 20, 26, 27, 28.




7.Bulan Rajab
- mendapat keselamatan dan beruntung, penghidupan baik sekalipun tidak kaya, banyak berkah dari Tuhan, akan ketemu jalan berdagang, bila kerja rajin akan mendapatkan untung yang menggembirakan.Keuntungan dari berdagang akan menjadikan tambah bahagia, namun keuntunganya tidak untuk dirinya sendiri saja.Hari naasnya yaitu ; 1, 6, 11, 12, 13, 14, dan 15.

8.Bulan Ruwah ( Sya'ban )
- banyak memperoleh rezeki, selamat dan keuntungan.Namun pada suatu ketika nanti tidak akan menghargai keuntungan kecil lagi. Hal ini harus benar - benar diingat dan dijaga, karena walaupun nikmat kecil harus tetap disyukuri. Hari - hari naas pada bulan ini ; 6, 7, 8, 11, 18, 27

9.Bulan Puasa
- selalu diliputi kesusahan, penghidupanya tidak tetap, kesukaran terus menerus tiada habis, bahkan salah satunya ada yang meninngal.Bulan ini adalah saat orang banyak memusatkan pikiran - pikiran suci, karenanya melangsungkan pernikahan pada bulan ini tidaklah baik, apalagi jika tepat pada naas harinya yaitu ; 2, 3, 27, 28, 29.

10.Syawal
- akan banyak hutang, miskin terus, orang tua berbuat dosa pada anaknya sendiri, siang malam rumah tangga tidak tentram, dan merasakan akan bosan hidup

11.Selo ( Apit )
- mudah bercerai, banyak musuh, dalam pergaulan banyak dibenci, walaupun pada lahirnya mereka berdua adalah baik, rumah tangga akan kacau karena terganggu dari luar, kehidupan mereka sangat pahit, sering bertengkar.Dalam hal ini tergantung pada budi pekerti mereka masing - masing, apakah dapat menolak bahaya ini ataukah tidak

12.Besar
- beruntung bahagia dan menggembirakan, karena banyak rezekinya, tali pernilahan menjadi sangat kuat karena suami istri saling menyinta, dan akan selamat mendapat perlindungan dari Tuhan.Namu selain bulan baik dalam melangsungkan pernikahan, Bulan Besar juga ada hari - hari naasnya yaitu ; 2, 3, 4, 5, 12, 15, 22, 25, dan 27.

NB :
Hitungan seperti contoh diatas memang telah berlaku cukup lama dan sampai sekarang pun sebagian besar masih dipegang teguh oleh para orang tua kita.Semua kembali pada kita, tergantung pada sugesti dan kepercayaan diri kita masing - masing.Apa yang menurut diri kita baik, itulah yang kita lakukan.Manusia hanya bisa berusaha dan berdo'a, Tuhan- lah  semuanya yang mengatur.Demikian, Allah Maha Mengetahui Dan Maha Benar.


21 komentar:

  1. Mas,tanggal naas nikah it tanggal masehi ap tanggal jawa ya?kl laki"nya Selasa Kliwon,perempuanN Jumat Legi,pgn nikah di 2013,bulannya besar harinya Ahad,baiknya Ahad tgl brp ya?terima kasih

    BalasHapus
  2. Adat jawa tentunya berdasarkan pada penanggalan jawa, jadi bukan penanggalan Masehi atau kalender...!!!

    BalasHapus
  3. Mas, bulan besar jawa 2015 masuk dibulan apa ya? Thanks

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Informasi ini semuanya palsu sambil membawa-bawa bulan2 hijriah....
    Jangan dipercaya, yang bikin informasi ini gak punya nasab ilmu...
    Jangan mau dibegoin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu sendiri pake nama Palsu= Anonim kok bilang Palsu..hiiks..

      Hapus
    2. Assalamualaikum, kak kalau aku menikah bulan desember 2018 ini tgl brp yg bagus menurut adat jawa ya. Trimakasih

      Hapus
  7. kalo terlanjur salah pilih bulan, dan nikah di bulan yg salah, apakah bisa diperbaiki? gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa..dengan istilah jawa nya (nganyari kawin)

      Hapus
  8. Bulan desember 2016 hari baik utk nikah tgl berapa mas,?
    Trim

    BalasHapus
  9. Bulan desember 2016 hari baik utk nikah tgl berapa mas,?
    Trim

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. saya nikah gak ngerti hitungan ny,klo di bku nikah ny pas bulan rabi'ul awal gimna ya mas apakah bisa diperbaiki kmarin saya nikah tgl 14.12.2017 mas😭😭

    BalasHapus
  14. mas itu klo dikonversi ke bulan masehinya bulan apa aja ya mas?,,,
    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  15. Rencana menikah tgl 28.11.2018 jatuh pada bulan maulud.kira" bagaimana ya perhitunganya menurut org jawa/muslim.baik atau tidak?

    BalasHapus
  16. Itu tanggal naas nya tanggal masehi atau tanggal rembulan ?

    BalasHapus
  17. Hi brides & grooms to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel dan pilihan vendornya ada banyak banget, bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu PILIH BONUS SESUKAMU atau CASHBACK! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233).

    BalasHapus

Java mp3

Java mp3
Download mp3 Kebudayaan Jawa