Apakah BLANGKON itu?



    
      Sugeng pepanggihan malih wonten WONG JAWA, intisari-wongjawa.blogspot.com.Jumpa lagi di blognya orang Jawa.Posting kali ini menampilkan artikel tentang BLANGKON.Yang juga salah satu ciri khas dan identik dengan kebudayaan jawa.

     Blangkon merupakan  tutup kepala yang biasa digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional jawa. Bentuk dari blangkon sendiri sebenarnya cukup praktis dibentuk dari iket yang merupakan tutup kepala yang dibuat dari batik. Tidak ada catatan sejarah yang dapat menjelaskan asal mula pria jawa memakai ikat kepala atau penutup kepala ini.


     Pada masyarakat jawa jaman dahulu, memang ada satu cerita Legenda tentang Aji Soko. Dalam cerita ini, keberadaan iket kepala pun telah disebut, yaitu saat Aji Soko berhasil mengalahkan Dewata Cengkar, seorang raksasa penguasa tanah Jawa, hanya dengan menggelar sejenis sorban yang dapat menutup seluruh tanah Jawa. Padahal seperti kita ketahui , Aji Soko kemudian dikenal sebagai pencipta dan perumus permulaan tahun Jawa yang dimulai pada 1941 tahun yang lalu.

     Artikel lain tentang Blangkon :

@ Jenis Blangkon


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Java mp3

Java mp3
Download mp3 Kebudayaan Jawa